Menyongsong Ujian

Ujian Nasional 2013 Sudah Dekat

Sekarang sudah bulan Maret 2013, ini berarti bulan Mei 2013 sudah tinggal beberapa bulan lagi. Bagi kita yang menjadi guru kelas 6 SD tentu menjalankan strategi-strategi  demi keberhasilan anak didik kita. salah satunya adalah membantu mereka mempersiapkan baik secara spiritual melalui motivasi dan pendalaman materi sajian maupun kajian yang berkenaan dengan materi ujian nasional.

Kita sebaiknya memberikan latihan-latihan soal mirip ujian nasional, dan menyesuaikan dengan kisi-kisi Ujian Nasional Tahun 2013 secara konsisten, yaitu melalui kegiatan latihan soal-soal yang yang mirip itu dengan terus menerus dengan mempertimbangkan kebutuhan mereka  sesuai tingkat kemampuannya.

Proses kebersamaan dalam proses pembelajaran dalam kelas perlu dikembangkan dalam artian siswa yang tingkat pemahamannya tinggi membantu temannya  yang belum menguasai materi tertentu.

Apa yang harus kita lakukan agar kita dapat menentukan keberhasilan siswa secara individual maupun klasikal?

Secara individual kita dapat meng-estimasikan atau meramalkan keberhasilan anak kita pada siklus-siklus tertentu. Misalkan saja siswa kita pada kelas 6 Si Fulan adalah siswa kita yang sangat memerlukan bantuan khusus dari kita boleh atau dibilang rangking terbelakang dalam mata sajian tertentu. Salah satu hal yang perlu dilakukan adalah kita melakukan latihan  mata pelajaran itu siklus demi siklus dengan menganilis hasil evaluasi.

Katakanlah siklus pertama Si Fulan mempunyai nilai 50 dari 40 soal tertentu tadi. Ternyata Si Fulan mampu menjawab benar pada 40 soal tersebut adalah nomor genap artinya no. 2, 4, 6, 8…40. dan yang salah adalah no. ganjil 1, 3, 5, 7, dst. (ini hanya tamsil saja).

Pada siklus kedua kita dalam memberikan mata sajian lebih memfokuskan pada materi yang berkenaan dengan soal no ganjil tersebut. Setelah kita memberi materi yang cukup kita melatih lagi soal mata pelajaran tersebut. Misalkan saja setelah kita lakukan latihan ternyata Si Fulan, ada peningkatan nilai 0,5

Pada Siiklus ketiga kita lakukan lagi kegiatan sesuai dengan siklus sebelumnya. ternyata setelah kita lakukan latihan nilainya bertambah 0,75. Ini artinya anak kita ada kenaikan pemahaman terhadap kebutuhan dalam menghadapi UN 2013 ini walaupun belum signifikan. Selanjutnya kita dapat meramalkan kemungkinan nilai siswa Si Fulan kalau ujian dilaksanakan pada pada waktunya tidak meleset jauh dengan syarat dilaksanakan secara benar dan melalui proses yang benar pada gilirannya hasilnya pun benar kan?

Manusia berkewajiban ikhtiar atau usaha dan ketentuan itu asalnya dari Tuhan, tatapi kalau kegiatan ini kita laksanakan secara konsisten, tanpa putus asa, dan tawadhuk, Insya Allah Tuhan akan memberi kemudahan bagi kita semua.-

Penulis

Triyanta

Leave a comment